nirwana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Apasih perbedaan antara karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah??

Karya tulis ilmiah merupakan karya tulis seseorang yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperolehnya melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian dan pengetahuan orang lain. Dalam literatur lain, karya tulis ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang didasarkan pada pengkajian atau penelitian ilmiah yang ditulis secara sistematis menggunakan bahasa prinsip-prinsip ilmiah. Maizuddin M. Nur menyatakan bahwa "karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang disusun berdasarkan kriteria ilmiah". Menurut Jacob (bahan kuliah Ilmu Menulis, Strata-2 Ilmu Kedokteran Dasar, FakultasKedokteran Gadjah Mada, 1991, tidak dipublikasikan) karya ilmiah mempunyai beberapa kategori,diantaranya: 1) Laporan Penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporanpenelitian yang didanai olah Fakultas dan Universitas, laporan arkeologis yang dibiayai olehDepartemen Kebudayaan dan sebagainya. 2) Skripsi adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (S1). 3) Tesis adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akadmik strata dua (S2), yaitu Master. 4) Disertasi adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan glar akademik strata tiga (S3), yaitu Doktor. 5) Surat Pembaca adalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah. 6) Laporan Kasus adalah tulisan mengnai kasus-kasus yang ada dilandasi dengan teori. 7) Laporan Tinjauan adalah tulisan yang berisi tinjauan karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu. 8) Resensi adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaatkarangan atau buku tersbut bagi pembaca. 9) Monograf adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini dapat juga berupa tesisataupun disertasi. 10) Raferat adalah tinjauan mengenai karangan sendiri dan karangan orang lain. 11) Kabilitasi adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen PendidikanNasional untuk bahan kuliah Ada beberapa ciri-ciri karya tulis ilmiah, antara lain : Objektif Logis Sistematis Menggunakan bahasa formal Menyajikan fakta ( bukan emosi atau perasaan ) Tidak Pleonastis ( kata-katanya tidak berlebihan dan hemat kata )

Sedangkan karya tulis non ilmiah adalah karya tulis atau karangan seseorang yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari – hari, bersifat subyektif, tidak didukung dengan fakta umum dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang digunakan sehari – hari. Ciri – ciri karya tulis non – ilmiah antara lain : Ditulis berdasarkan fakta pribadi Fakta yang disimpulkan subyektif Gaya bahasa konotatif dan populer Tidak memuat hipotesis Penyajian dibarengi dengan sejarah Bersifat imajinatif Situasi didramatisir Bersifat persuasif; dan Tidak didukung bukti. Jenis – jenis karya tulis non – ilmiah yaitu : Dongeng Drama Novel Cerpen Roman Perbedaan karya tulis ilmiah dan non ilmiah Adapun perbedaan karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah, diantaranya : 1. Karya ilmiah merupakan pembahasan hasil penelitian. Faktual Objektif maksudnya adanya kolerasi/kesesuain antara fakta dan objek yang diteliti, kesesuaian harus dibuktikan dengan cara pengamatan. 2. Karya Ilmiah bersifat metodis dan sistematis, maksudnya dalam pembahasan masalah digunakan metode tertentu dengan langkah – langkah yang teratur dan dikontrol melalui proses pengidentifikasian masalah dan penentuan strategi. 3. Karya tulis ilmiah menggunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan kode etik penulisan ilmiah.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

23 Mar
Balas



search

New Post